Cara Mudah Membangun Rumah Lewat Desain Rumah 3D

Bagi anda yang sedang kebingungan mencari ide desain rumah, sudah saatnya untuk melirik desain rumah 3D. Karena dengan desain rumah 3 dimensi ini, anda akan lebih jelas melihat sebuah ide rancangan atau sketsa rumah yang anda idam-idamkan itu sesungguhnya bagus atau tidak. Di masa sebelumnya, sketsa denah rumah hanya berupa gambar hasil goresan pensil atau pena hitam dengan 2 dimensi, panjang dan lebar saja. Dengan sketsa desain seperti itu, masih sulit membayangkan akan seperti apa jadinya rumah kita nanti. Tapi, dengan sketsa desain tiga dimensi, anda akan lebih mudah membayangkan akan seperti apa bentuk nyata rumah idaman kita nantinya. Melihat sketsa desain rumah 3D hampir sama seperti saat kita melihat maket atau miniatur rumah yang biasa kita temui di kantor-kantor pemasaran perumahan. Nah, ada kabar gembira untuk anda. Untuk mendapatkan desain rumah 3D, sedikitnya ada dua cara.



Pertama, kita bisa membuatnya sendiri menggunakan software, misalnya Sweet Home 3D. Bagaimana menggunakannya software ini, cukup mengikuti petunjuk yang ada di buku-buku tutorial cara membuat desain rumah 3D. Tapi sebagai gambaran singkat, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall aplikasinya terlebih dulu di komputer. Selanjutnya, tahap pembuatan desain. Ada beberapa langkah utama, seperti mengatur pilihan bahasa, satuan ukur mulai cm, inchi hingga meter, mengatur ketebalan dan ketinggian tembok dan sebagainya. Setelah semua pengaturan-pengaturan tadi kita buat, berikutnya adalah membuat tembok, pintu dan jendela sesuai keinginan. Kemudian, kita kasih warna. Setelah semua itu selesai, kita masih bisa mengubahnya jika memang ada yang belum sesuai. Tutorial cara menggunakannya bisa kita dapatkan dengan mudah, baik di internet maupun melalui buku-buku. Kedua, jika tidak mau repot mendesain sendiri dengan software tadi, kita bisa mencari inspirasi rumah idaman dari contoh-contoh desain 3D yang sudah ada. Di internet ada banyak yang mempublikasikan contoh desain rumah 3D-nya. Tinggal pilih mana yang paling sesuai atau minimal mendekati keinginan anda. Selain di internet, rancangan desain rumah 3D dari berbagai type bisa kita dapatkan di toko-toko yang ada di kota anda.


Setelah mendapatkan rancangan desain rumah 3D yang ideal, kita meminta bantuan teman atau konsultan. Konsultasi ini penting untuk menilai ada tidaknya kelemahan dari desain. Jangan sampai kita terlalu memaksakan jika kenyataannya desain itu punya banyak kelemahan. Misalnya konstruksi yang rapuh hingga konsekuensi biaya yang lebih mahal dari sewajarnya. Sangat disayangkan jika apa yang kita bayangkan bagus, ternyata bisa sebaliknya. MIsalnya kita menginginkan tembok rumah terbuat dari bahan tertentu, yang ternyata bahan itu tidak cocok jika dipakai sebagai tembok karena tidak tahan hujan dan panas dalam jangka panjang. JIka dipaksakan, tembok akan rapuh dan bisa membahayakan penghuninya. Contoh lain, anda menghendaki car port dengan luasan tertentu. Tapi setelah dianalisa oleh konsultan kurang efektif dalam penggunaan lahan, anda tinggal mempertimbangkan mau tetap sesuai keinginan atau pendapat konsultan. Beberapa aspek lain yang harus kita tahu adalah lama pembangunan karena ini juga berimplikasi pada biaya yang harus kita keluarkan nantinya. Jangan sampai, karena desain tertentu, malah membuat biaya pembangunan lebih mahal dari semestinya. Misalnya membuat taman di tengah ruang keluarga yang sempit dan sebagainya.

Komentar

Postingan Populer